Berubah, Apanya?

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Monday, 14 September 2015.

Berubah, Apanya?

Banyak orang ingin berubah, apalagi ketika banyak orang membicarakan manajemen perubahan... change – change – change.

 

Pertanyaannya adalah, apa yang berubah? Mengapa berubah? Berubah dari apa (awalnya) menjadi apa (hasilnya)? Bagaimana prosesnya?

 

Kalau diteliti, kita senantiasa berubah. Dinamika kehidupan dari sebuah embrio, janin, bayi, balita, remaja, hingga dewasa seperti sekarang ini. Perubahan terjadi karena alami dan proses belajar. Alami memfasilitasi perubahan. Dalam proses tumbuh kembang, kita berubah karena proses belajar. Bayangkan bila seorang bayi tidak mau belajar jalan .. cuek saja .. apa bisa jalan kelak saat dewasa? 

Hebatnya, dari kecil kita sudah belajar dan sangat antusias dalam belajar. Maju tak gentar!! Ketika belajar jalan, kita tidak pernah gentar untuk jatuh lagi .. tertatih-tatih kita jalan – jatuh dukkkkk!! (paling nangis sedikit) .. eh bangkit lagi untuk melangkah, sambil tertawa riang pula!! 

 

Tapi setelah dewasa, jangankan jatuh .. melangkah saja takut!!

Semua mesti dipaksa .. atau terpaksa. Semua? Tentu tidak!! Ada yang mau berubah karena menyadari bahwa memang perlu untuk berubah .. ironisnya, ada juga yang merasa perlu berubah karena orang lain sudah berubah,. Jadi, bukan karena diri sendiri yang menyadari perlunya perubahan itu.

 

Sebagai seorang change agents, sering saya bertemu dengan orang yang katanya mau berubah. Tapi begitu ditanya, apanya yang berubah? Tidak bisa menjawab. Baik, saya maklumi sebagai ketidak-tahuan atas diri sendiri. Lalu ketika saya tanya lagi `mau berubah ke arah mana?` - tidak jelas ... hmmmm, lalu `apa yang anda inginkan?’ – perubahan. Gubrakkkkkk !!!

 

About the Author

Mariani Ng

Mariani Ng

She is a Founder of PT. METAMIND Tata Cendekia and the first woman in ASIA who is certified and licensed trainer of  NLP – NS trainings to provide International Certification of Meta-NLP Practitioner, International Certification of Master Practitioner.

Click here for detail

Why METAMIND?  read