Apa Yang Telah Saya Lakukan (Sehingga Klien Bisa Menemukan Jawabannya Sendiri)?

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Thursday, 09 June 2016.

Cerita dari seorang Meta Coach: 'Kemarin saya ditelepon oleh branch manager dari luar kota, cerita tentang masalahnya. Saya hanya melakukan acknowledgement, mengulang kata katanya,  banyak clarify dan sering exploration. Ketika saya bertanya, sering terjadi silent atau jeda..... sore harinya beliau telepon lagi dengan antusias dan mengucapkan terima kasih berulang-ulang, apa yg dianggap sebagai masalah telah selesai, .... dan saya pun merenung sendiri, emang apa yg telah saya lakukan ?'

Apa itu NLP?

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Thursday, 31 March 2016.

abana HTML5 Template

Kita banyak mendengar tentang NLP akhir-akhir ini. Banyak pelatihan NLP yang ditawarkan. Sebelum kita mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut, sebaiknya kita ketahui dulu apakah NLP itu sebenarnya.

 

NLP adalah singkatan dari kata Neuro Linguistic Programming.

 

- Neuro = Saraf, sistem saraf otak dan saraf seluruh tubuh kita.

- Linguistic = Bahasa, baik verbal maupun non verbal

- Programming = memprogram

 

Yakni ilmu yang mempelajari struktur perilaku manusia, mempelajari bagaimana bahasa mampu mempengaruhi paradigma, cara berpikir dan perilaku kita sehari-hari.

 

 

Persepsi

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Monday, 28 March 2016.

Persepsi

Setiap orang punya persepsi, karena kita berespon terhadap persepsi. Ketika kita berbicara, kita berharap orang lain mengerti persepsi kita atau maksud kita. Namun tidak jarang terjadi salah persepsi.

Persepsi adalah apa yang kita pikirkan. Pada saat berkomunikasi, kita berusaha untuk menyampaikan apa yang ada di pikiran kita kepada orang lain.  Komunikasi yang tidak jelas bisa menimbulkan salah persepsi. Untuk itu lakukanlah komunikasi dengan jelas.

Selain dari komunikasi, persepsi juga datang dari sebuah kejadian. Jika dalam komunikasi ada salah persepsi, maka dari sebuah kejadian, bisa terjadi prasangka. Yang berpikir positif akan melihat sebuah kejadian secara positif. Sebaliknya yang berpikir negatif akan melihat sebuah kejadian secara negatif.

Why METAMIND?  read