Team-Player or Group-Player (2)

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Sunday, 10 July 2016.

Team-Player or Group-Player (2)

Kembali pada kerjasama dan sama-sama kerja .. 

Ketika awal memperkenalkan Self-Actualization (SA) Model tahun 2007, saya sempat kepikiran bagaimana aplikasikan SA ini dalam group. 

Bayangkan begini: 

Bahwa setiap orang ingin aktuliasasi diri. Bahkan ada tag-line yang mengatakan bahwa orang akan sukses kalau kerja sesuai dengan hobinya (alias yang 'gue banget'). Kalau usaha atau bisnis sendiri, maka bebaslah orang tersebut beraktualisasi sesuai dengan pikiran dan perasaan sendiri, ambil keputusan sendiri dan tentunya konsekuensi juga ditanggung sendiri. 'Suka-suka dewe', kata orang - tentunya juga karena ada tujuan sendiri, apalagi kalau itu adalah impiannya pribadi. Memang akan lebih berprestasi bila apa yang dikerjakan sesuai dengan pikiran dan hati sendiri, bekerja jadi all-out, lebih disiplin, komitmen dan hasil jadi optimal.

Team-Player or Group-Player

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Sunday, 10 July 2016.

Team-Player or Group-Player

Kata 'team-work' memang 'exotic' menurut saya. Sexy dan unik. Begitu sexy-nya sampai banyak orang ingin mengakui dirinya suka bekerja secara team-work, dan kenyataannya memang beberapa orang mampu bekerja sama dalam satu tim untuk mencapai hasil tertentu. Uniknya, kalau dikaji lebih mendalam.. hanya 50% yang benar-benar team-player. Selebihnya adalah group-player. Itulah sebabnya mengapa banyak tim yang bekerja tidak sesuai harapan, tidak perform dan target tidak tercapai. 

Apa beda team-player dengan group player? 

Team-player adalah orang yang suka bekerja sama dalam satu tim, dimana orang tersebut mau menyumbangkan pikiran dan tenaga untuk kemajuan bersama, mau ikut berkontribusi demi mencapai kemajuan bersama, ikut bekerja bersama tanpa mempertimbangkan untung rugi bagi diri sendiri. 

Group player adalah orang yang juga suka bekerja ramai-ramai dalam satu tim, dimana juga mau berkontribusi dan menyumbangkan pikiran dan tenaga untuk kemajuan bersama. Beda dengan team-player adalah bahwa orang yang group player sebenarnya lebih suka bekerja sendiri dalam keramaian, dimana bisa menunjukkan kelebihan dirinya dan menguasai (alias memimpin) teman2 dalam tim yang sama. 

Saya suka plesetkan sebagai kerjasama (team-player) atau sama2 kerja (group-player). 

Bagaimana dengan diri kita sendiri? 

Bagaimana dengan tim kerja kita di kantor? 

Delusi Kesuksesan

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Saturday, 09 July 2016.

Delusi Kesuksesan

Mengapa begitu sulit untuk maju? 

 

Seandainya… 

Saat akan melangkah di depan pintu mendadak terlintas pikiran kaki mana yang sebaiknya melangkah duluan, kiri atau kanan. Pikiran itu muncul karena mendadak ingat kata nenek bahwa kalau melangkah perlu dengan kaki kiri duluan agar berhasil mencapai tujuan. Lalu sekarang sama sekali tidak jadi melangkah karena ada protes dalam hati kecil, ngapain percaya begituan. Di sisi lain yakin melangkah dengan kaki kanan saja karena biasanya juga demikian dan baik-baik saja. Lalu kemudian muncul pikiran lain lagi bahwa kali ini melangkah menuju tempat untuk presentasi satu project besar, jadi perlu benar agar berhasil. Alhasil .. dijamin pasti berhenti sekian detik di depan pintu tidak melangkah sama sekali, atau malah salah satu kaki sudah diangkat menggantung tunggu keputusan kaki mana yang sebaiknya melangkah duluan. Nanggung.

Why METAMIND?  read