Komunikasi Error

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Wednesday, 03 August 2016.

Komunikasi Error

Ada berita gembira yang mau anda sampaikan. Begitu seberang sana jawab telpon, langsung anda ‘serbu’ dengan  banyak kata yang berpacu dengan perasaan gembira plus antusias. Yang di seberang sana sama sekali tidak mengerti apa yang mau anda sampaikan, karena lafal yang begitu cepat berpacu dengan nafas menggebu. Anda mengulang lagi, berusaha jelaskan sambil timbul dongkol ingin agar segera disambut juga dengan gembira, tapi di seberang sana malah klarifikasi apa yang anda maksudkan. Alhasil perasaan gembira berubah menjadi dongkol seketika, merasa ga disambut, merasa orang di sebrang sana kok ribet banget gitu saja ga ngerti, lalu tanpa sadar keluar umpatanmu kecil tapi terdengar di sebrang sana. Sebrang sana mulai menunjukkan nada tak senang, gayung bersambut dengan ketidaksabaran anda plus dongkol plus merasa kok disambut dengan nada demikian. Akhirnya .. banting telpon.

Komunikasi error. Pernah alami itu?

 

Emosi? Bukan Masalah.

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Tuesday, 26 July 2016.

Emosi? Bukan Masalah.

Beberapa tahun lalu saya pernah tulis tentang 'Well-Formed Problem'. Istilah ini muncul sebagai antagonis dari 'Well-Formed Outcome' yang dipelajari di NLP Practitioner untuk perencanaan target alias goal setting.

Sore ini mendadak terlintas istilah tersebut dan serta merta jari ini langsung 'menari' di atas HP-ku sambil duduk di cafe. Pikiranku melanglang ke saat-saat sertifikasi GTMC (Group & Team Meta Coach) oleh Michael Hall di Jakarta akhir Feb 2016 lalu. 

'Emotion is never the problem. It is just the symptom' ..itu ucapannya beberapa kali baik di kelas maupun saat santai 'nge-wine' malam hari sambil bahas beberapa keadaan. Emosi merupakan gejala, bukan masalah. 

Pokemon Go!! - Titik balik untuk bangkit?

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Friday, 22 July 2016.

Pokemon Go!! - Titik balik untuk bangkit?

Liburan lalu mendadak terkuak oleh hebohnya Pokemon Go. Anak2 remaja rajin ke mal dan tempat ibadah sambil pegang HP, lirik kiri kanan dan senyam senyum sendiri. Bukan hanya generasi milenial, banyak orang tua-pun ikut heboh dengan permainan ini.

Memang heboh apps yang satu ini, dikatakan dalam 1 malam di-download lebih dari 10juta orang. Saya tertarik untuk mengamati pola kerja John Hanke, pencipta permainan ini. Ada satu hal yang menarik dari keadaan yang tengah bergejolak ini. 

Why METAMIND?  read