Our Articles

Agar Komunikasi Lancar

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Tuesday, 12 July 2016.

Agar Komunikasi Lancar

Tidak semua orang mau terbuka dalam berkomunikasi. Akibatnya, komunikasi seringkali menjadi tidak lancar. Agar komunikasi berjalan dengan baik, perlu sikap memahami kepada teman bicara. Dalam berkomunikasi, kita harus pintar membangun kedekatan dengan teman bicara. Kedekatan itu akan membat komunikasi menjadi nyambung dan mengalir dengan baik. Dalam berkomunikasi kita juga perlu mendukung teman bicara agar dia mau berkomunikasi/berbicara.

Agar bisa nyambung dengan teman bicara, kita perlu memahami teman bicara. Memahami dalam banyak konteks, seperti keadaannya, suasana hatinya, cara dia berbicara, atau cara berpikir. Untuk bisa memahami teman bicara, kita perlu mendengarkan lebih dulu.

Kita sering berbicara, tapi kita jarang mendengarkan orang berbicara. Padahal untuk menciptakan komunikasi yang baik, kita juga perlu mendengarkan dan merasa ingin tahu dengan apa yang disampaikan orang lain.

Kita juga perlu memberi ruang kepada teman bicara untuk menyampaikan apa yang ingin dia komunikasikan. Setelah dia berbicara, berikanlah respon yang baik.
Mendengar adalah awal dari sebuah komunikasi, bahkan menjadi modal dasar dalam komunikasi. Kalau tidak ada yang mau mendengarkan orang lain, maka tidak akan pernah terjadi komunikasi. Pada dasarnya setiap orang ingin berbicara dan ingin didengar. Untuk itu, kalau ingin komunikasi kita dengan orang lain nyambung, maka kita perlu mendengarkan lebih dulu, dan mengabaikan suara-suara di dalam pikiran kita. Komunikasi yang berhasil adalah komunikasi yang menghasilkan transfer informasi, dan transfer informasi itu diterima dengan baik. Tidak terjadi miss persepsi yang mengakibatkan salah pengertian diantara mereka yang berkomunikasi.
Jadi, kalau ingin komunikasi dengan orang lain berjalan dengan lancar, jangan lupa untuk melakukan 3 hal berikut, yaitu: memahami, mendengarkan, dan memberi ruang. Walaupun komunikasi sudah berjalan dengan lancar karena sudah saling mengenal misalnya, namun ketiga hal itu tetap harus dilakukan agar komunikasi tidak putus ditengah jalan.

About the Author

Mariani Ng

Mariani Ng

She is a Founder of PT. METAMIND Tata Cendekia and the first woman in ASIA who is certified and licensed trainer of  NLP – NS trainings to provide International Certification of Meta-NLP Practitioner, International Certification of Master Practitioner.

Click here for detail

Why METAMIND?  read